PMB Online STIPER Kutai Timur

Penerimaan Mahasiswa Baru 2020

Diposkan pada : 06 April 2020

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

 

 

Jalur penerimaan Mahasiswa baru Program Sarjana pada STIPER Kutai Timur  dilakukan melalui:

1.    Jalur Rekomendasi Camat

2.    Jalur Penerimaan Bibi Unggul Daerah (PBUD); dan

3.    Jalur Tes Tertulis : Seleksi Tes Tertulis STIPER Kutai Timur.

 

 

VISI

Menjadikan STIPER Kutai Timur sebagai pusat pendidikan, penelitian, pengabdian dan pengembangan ilmu pertanian melalui pemanfaatan lahan pasca tambang dan marginal, serta pengembangan berbagai komoditi pertanian di lahan perkebunan, hutan dan wilayah pesisir untuk mendukung pengembangan agribisnis dan agroindustri yang berkelanjutan.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang terencana dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia dan profesional, memiliki nasionalisme dan berbudaya Indonesia, berkompetensi yang tinggi dan berjiwa wirausaha.
  2. Meningkatkan frekuensi dan mutu penelitian untuk menopang pengembangan ilmu dan teknologi yang bersinergi dengan pembangunan pertanian khususnya di lahan pasca tambang dan integrasi perkebunan dan/atau hutan.
  3. Meningkatkan pelaksanaan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara optimal.
  4. Meningkatkan relevansi ilmu,kualitas dan daya saing yang berkelanjutan melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak secara berkelanjutan menuju kemandirian, serta mendukung akselerasi pembangunan pertanian khususnya di Kutai Timur.

 

 

 

PROGRAM STUDI DAN KONSENTRASI STUDI

 

a.    Agroteknologi

Program Studi Agroteknologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan agroteknologi yang mempunyai kemampuan analisis, professional, berjiwa entrepreneur, dan mampu mengembangkan IPTEK di bidang pertanian berkelanjutan. program studi ini memepelajari pertanian terutama pemuliaan tanaman, penanganan pasca panen, konservasi tanah dan air, perlindungan hama penyakit tanaman dan teknologi benih.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

b.    Agribisnis

Konsentrasi Studi Agribisnis bertujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkemampuan entrepreneur, beretika dan berdaya saing global, serta terampil dalam pengembangan agribisnis.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

c.    Teknik Pertanian

Program Studi Teknik Pertanian bertujuan menghasilkan lulusan yang profesional, berdaya saing, memiliki jiwa kewirausahaan dan keahlian di bidang teknik pertanian khususnya mekanisasi pertnian, sumberdaya pertanian dan produk pertanian guna mendukung pengembangan agroindustri yang handal.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

d.    Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan berperan dalam penelitian dan pengembangan kelautan dalam pemanfaatan sumberdaya hayati laut yang lestari dan berwawasan kebangsaan. Program studi ini mempelajari tentang konservasi dan pengelolaan kawasan pesisir laut, pengetahuan dalam kawasan bahari, pencemaran laut dan kegiatan budidaya.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

e.    Budidaya Perairan

Konsentrasi Studi  Budidaya Perairan merupakan konsentrasi studi pada Program Studi Ilmu Kelautan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur yang mencakup budidaya perikanan tawar, payau dan laut, teknologi pengolahan pakan, teknologi pengolahan hasil perikanan.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

f. Kehutanan

Program Studi  Kehutanan  berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan dan pemanfaatan sumberdaya hutan dan lahan scara berkelanjutan.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna

 

g.   Peternakan

Program Studi  Peternakan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang peternakan kawasan perkebunan dan pertambangan yang meliputi teknologi peternakan, ilmu dan teknologi pakan serta social ekonomi peternakan.

 

Syarat khusus : Tidak boleh buta warna